Cara Merawat dan Memilih Bola Voli Mikasa Berkualitas

Bola voli mikasa merupakan bola yang paling awet, meskipun sering digunakan. Untuk memaksimalkan permainan dibutuhkan bola yang berkualitas baik. Walaupun memiliki kualitas baik, bola tetap harus dirawat dan disimpan dengan baik, agar tidak mudah rusak. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat bolavoli.
bola voli mikasa

Cara Merawat Bola Voli Mikasa


1.             Setelah digunakan, biasanya bola menjadi kotor. Bersihkan permukaan bola menggunakan air. Jika lumpur yang menempel cukup tebal, bisa gunakan sikat untuk menggosoknya. Setelah benar-benar bersih, selanjutnya lap menggunakan kain kering. Tidak perlu menjemur bola di bawah terik matahari, karena dapat merusak kulitnya. Selain itu, jangan merendam bola terlalu lama.
2.             Jika tidak dipakai, simpan bola menggunakan jaring dengan digantung. Hindari menyimpan bola di lantai, sebab suhu lantai mudah berubah sehingga berdampak pada tekanan bola. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi kelayakan bola jika digunakan dalam permainan.
3.             Seringkali, bola yang disimpan terlalu lama akan kempis. Anda bisa menambah angin dengan menggunakan pompa sepeda manual.
4.             Bola juga rawan mengalami bocor karena terkena benda tajam. Biasanya beberapa toko penjual alat olahraga menyediakan layanan servis bola dengan cara menambalnya. Tapi bola yang pernah ditambal tidak akan mulus 100% dan kualitasnya juga berkurang.

Cara Memilih Bola Voli Berkualitas


cara merawat bola voli
Untuk mengetahui kualitas bola tersebut baik atau tidak bisa dilihat melalui beberapa hal berikut.

·                     Kualitas kulit bola
Kulit bola yang baik adalah yang kencang dan tidak berkeriput. Kulit yang berkualitas dibuat dari bahan kulit tebal, namun empuk. Sedangkan, untuk kualitas kulit nomor dua biasanya dibuat dari bahan semi plastik yang biasanya mudah robek jika terkena hantaman atau tergores benda tajam.
·                     Pantulan bola
Saat memilih bola, coba pantulkan pola tersebut ke lantai atau dinding. Jika pantulan bola lebih dari setengah jarak awal saat memantulkan, kualitas bola dapat dikatakan baik. Kualitas pantulan sangat berpengaruh pada permainan, terutama saat passing ataupun smash.
·                     Berat bola
Sebenarnya sudah ada ukuran standar untuk berat bola voli, tapi ada beberapa merk bola voli yang tidak sesuai standar. Coba perhatikan berat bola yang tertera di keterangan, jangan memilih bola yang terlalu ringan atau terlalu berat. Berat ideal bola voli adalah 9 sampai 10 ons dengan tekanan antara 4.5 sampai 6 pon.
·                     Warna bola
Warna tidaklah memengaruhi kualitas bola, hanya pemilihan warna yang terang dan mencolok sangat membantu dalam permainan karena mudah terlihat. Para pemain juga diuntungkan karena mudah melihat gerakan bola selama permainan, terutama saat smash.


Semua kategori ideal untuk bola voli berkualitas dimiliki merk Mikasa. Selama ini, Mikasa memang sudah dikenal sebagai produsen bola terbaik, terutama untuk bola voli. Bahkan, kualitas bola voli mikasa, sudah memenuhi standar kompetisi internasional.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Merawat dan Memilih Bola Voli Mikasa Berkualitas"

  1. Ada ciri* khusus gak gan untuk bola voly yg original

    ReplyDelete
  2. Gan. Gimana cara melunakkannya. Sakit sekali gan saat passing.

    ReplyDelete